Cara Membuat Jurnal Pembelian

Cara Membuat Jurnal Pembelian

Jurnal pembelian adalah salah satu bagian penting dari keuangan perusahaan. Jurnal pembelian berfungsi untuk mencatat semua pembelian dan pengeluaran yang dibayar melalui cek, kartu kredit, atau bentuk pembayaran lainnya. Karena jurnal pembelian ini merupakan dokumen yang berisi informasi penting tentang pengeluaran dan pembelian yang dilakukan oleh perusahaan, maka penting untuk memastikan bahwa jurnal ini dibuat dengan benar. Berikut adalah cara membuat jurnal pembelian yang tepat.

1. Persiapkan Semua Dokumen yang Diperlukan

Persiapkan Semua Dokumen yang Diperlukan

Langkah pertama dalam membuat jurnal pembelian adalah mengumpulkan semua dokumen yang diperlukan. Dokumen-dokumen ini termasuk semua kwitansi, faktur, cek, dan kartu kredit yang telah dikeluarkan untuk melakukan pembelian. Pastikan juga bahwa semua dokumen yang dibutuhkan untuk membuat jurnal pembelian ini dalam bentuk yang benar dan sudah terisi dengan benar.

2. Buat Daftar Pembelian

Buat Daftar Pembelian

Setelah Anda mendapatkan semua dokumen yang diperlukan, selanjutnya Anda harus membuat daftar semua pembelian yang telah Anda lakukan. Daftar ini harus berisi detil tentang jenis pembelian, tanggal pembelian, jumlah pembelian, dan jumlah yang dibayarkan untuk setiap pembelian. Daftar ini harus diurutkan berdasarkan tanggal pembelian agar mudah untuk melacak informasi penting tentang jurnal pembelian.

3. Buat Kolom untuk Pemasukan dan Pengeluaran

Buat Kolom untuk Pemasukan dan Pengeluaran

Setelah Anda membuat daftar pembelian, selanjutnya Anda harus membuat kolom untuk memasukkan informasi tentang pemasukan dan pengeluaran. Kolom ini harus berisi informasi tentang jumlah yang dibayarkan untuk setiap pembelian, serta jumlah uang yang masuk dan keluar dari akun perusahaan. Kolom ini juga harus mencantumkan tanggal setiap transaksi untuk mempermudah Anda melacak informasi yang relevan.

4. Catat Semua Transaksi

Catat Semua Transaksi

Selanjutnya, Anda harus mencatat semua transaksi yang terjadi di dalam jurnal pembelian. Catatan ini harus berisi informasi tentang jumlah yang dibayarkan untuk setiap pembelian, serta jumlah uang yang masuk dan keluar dari akun perusahaan. Catatan ini juga harus mencantumkan tanggal setiap transaksi untuk mempermudah Anda melacak informasi yang relevan.

5. Periksa Semua Transaksi

Periksa Semua Transaksi

Setelah semua transaksi telah dicatat, periksalah kembali semua transaksi untuk memastikan bahwa semua informasi yang tercantum di dalam jurnal pembelian sesuai dengan dokumen yang tersedia. Periksalah juga bahwa jumlah yang dicatat di dalam jurnal pembelian sama dengan jumlah yang dicatat di dalam faktur atau rekening koran. Ini akan membantu Anda memastikan bahwa jurnal pembelian Anda aman dan benar.

6. Pastikan Semua Data Telah Disimpan dengan Benar

Pastikan Semua Data Telah Disimpan dengan Benar

Selanjutnya, pastikan bahwa semua data yang telah Anda masukkan ke dalam jurnal pembelian telah disimpan dengan benar dan aman. Jangan lupa untuk mencetak salinan jurnal pembelian dan menyimpannya di tempat yang aman. Ini akan membantu Anda memastikan bahwa informasi yang penting dari jurnal pembelian Anda tidak hilang atau rusak.

7. Buat Laporan Pembelian

Buat Laporan Pembelian

Setelah semua data telah disimpan dengan benar, selanjutnya Anda harus membuat laporan pembelian. Laporan ini harus berisi informasi tentang jumlah uang yang masuk dan keluar dari akun perusahaan, serta jumlah uang yang dibayarkan untuk setiap pembelian. Laporan ini akan membantu Anda memonitor pengeluaran perusahaan Anda.

8. Simpan Jurnal Pembelian

Simpan Jurnal Pembelian

Setelah laporan pembelian selesai dibuat, selanjutnya Anda harus menyimpan jurnal pembelian dengan benar. Pastikan bahwa jurnal ini disimpan di tempat yang aman sehingga informasi yang terdapat di dalamnya tidak hilang atau rusak. Anda juga harus memastikan bahwa jurnal ini selalu diperbaharui agar informasi yang terdapat di dalamnya tetap akurat.

Dalam mengelola keuangan perusahaan, penting untuk membuat jurnal pembelian yang benar. Jurnal ini akan membantu Anda mencatat semua pembelian dan pengeluaran yang Anda lakukan dan membantu Anda memonitor pengeluaran perusahaan Anda. Dengan membuat jurnal pembelian yang tepat, Anda dapat memastikan bahwa kegiatan keuangan perusahaan berjalan dengan lancar dan aman.