Contoh Lamaran Kerja Inisiatif Sendiri

Contoh Lamaran Kerja Inisiatif Sendiri

Kamu yang berminat untuk mencari pekerjaan dan ingin lebih serius dalam mengembangkan karir, maka melamar pekerjaan dengan inisiatif sendiri (cold calling) adalah cara yang tepat. Cold calling adalah cara mencari pekerjaan yang melibatkan menghubungi para perekrut kerja secara langsung, tanpa didahului dengan iklan lowongan ataupun informasi lainnya. Cold calling adalah cara yang efektif untuk mencari pekerjaan, namun membutuhkan keterampilan dan tingkat kesabaran yang tinggi. Di sini, kamu dapat menemukan tips dan contoh lamaran kerja inisiatif sendiri.

Tips Menulis Lamaran Kerja Inisiatif Sendiri

Tips Menulis Lamaran Kerja Inisiatif Sendiri

Untuk menulis lamaran kerja inisiatif sendiri yang berhasil, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. Pertama, pastikan untuk menulis lamaran kerja yang sesuai dengan posisi yang dituju. Untuk melakukan ini, kamu harus melakukan riset terhadap posisi yang dituju, sehingga kamu dapat menyusun lamaran kerja yang tepat. Juga, pastikan untuk menyertakan riwayat pekerjaan dan pendidikan yang relevan dengan posisi yang dituju. Kedua, pastikan untuk menulis surat yang singkat, padat, dan jelas. Surat lamaran kerja inisiatif sendiri harus menarik dan menjelaskan secara singkat posisi yang dituju, serta alasan mengapa kamu cocok untuk posisi itu. Ketiga, pastikan untuk menyertakan riwayat pekerjaan dan pendidikan saat melamar. Ini penting untuk menunjukkan kepada perekrut bahwa kamu memiliki pengalaman dan latar belakang yang tepat untuk posisi yang dituju. Dan yang terakhir, pastikan untuk menulis lamaran kerja dengan bahasa yang profesional. Jangan menggunakan bahasa slang atau bahasa yang tidak formal. Ini penting untuk menunjukkan bahwa kamu adalah seseorang yang profesional dan siap untuk mengambil pekerjaan.

Contoh Lamaran Kerja Inisiatif Sendiri

Contoh Lamaran Kerja Inisiatif Sendiri

Berikut adalah contoh surat lamaran kerja inisiatif sendiri yang dapat kamu gunakan sebagai panduan.
Kepada Yth,
Perekrut Kerja di [Nama Perusahaan]
Saya, [Nama], adalah seorang lulusan [Jurusan] dari [Nama Universitas]. Saya telah menyelesaikan pendidikan saya dengan skor GPA yang sangat baik, dan saya memiliki lebih dari 5 tahun pengalaman kerja di bidang [Nama Bidang] yang relevan dengan posisi yang ditawarkan di [Nama Perusahaan].
Saat ini, saya sedang mencari pekerjaan baru untuk mengembangkan karir saya. Saya menemukan informasi lowongan pekerjaan di [Nama Perusahaan] dan saya tertarik untuk melamar posisi [Nama Posisi]. Saya yakin bahwa pengalaman saya dan kemampuan yang saya miliki akan bermanfaat bagi perusahaan Anda.
Saya memiliki keterampilan dalam [Nama Keterampilan] dan saya telah berhasil menyelesaikan berbagai proyek dengan baik. Selain itu, saya memiliki keterampilan komunikasi yang baik, yang memungkinkan saya untuk berinteraksi dengan orang lain dengan mudah. Saya juga memiliki keterampilan manajemen waktu yang baik, yang memungkinkan saya untuk mengatur waktu saya dengan efisien.
Selain itu, saya juga memiliki keterampilan organisasi yang baik, yang memungkinkan saya untuk menyelesaikan tugas dengan tepat waktu. Saya juga suka bekerja dalam tim dan bekerja keras untuk mencapai tujuan bersama.
Saya yakin bahwa saya dapat memberikan nilai tambah bagi perusahaan Anda dan berharap untuk dapat berbicara lebih lanjut tentang posisi ini. Saya menyertakan CV lengkap saya dan surat referensi dari mantan atasan saya.
Terima kasih atas perhatiannya.
Salam,
[Nama]

Cold calling adalah cara yang efektif untuk mencari pekerjaan. Namun, untuk mendapatkan pekerjaan dengan cara ini, kamu harus memiliki keterampilan dan tingkat kemampuan yang tinggi. Di atas adalah tips dan contoh lamaran kerja inisiatif sendiri. Dengan menggunakan tips dan contoh di atas, maka kamu dapat membuat lamaran kerja inisiatif sendiri yang berhasil dan dapat diterima oleh perekrut kerja.