Cara Membuat Brownies Kukus Chocolatos Tanpa Baking Soda

Cara Membuat Brownies Kukus Chocolatos Tanpa Baking Soda

Brownies kukus chocolatos adalah salah satu makanan yang sangat populer di Indonesia. Brownies ini juga sangat mudah dipersiapkan dan enak dimakan. Brownies ini biasanya dibuat dengan menggunakan baking soda untuk menaikkan teksturnya. Namun, tidak semua orang tahu bagaimana cara membuat brownies kukus chocolatos tanpa baking soda. Berikut ini adalah panduan singkat untuk membuat brownies kukus chocolatos tanpa baking soda.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Untuk membuat brownies kukus chocolatos tanpa baking soda, Anda membutuhkan bahan-bahan sebagai berikut: 200 gram coklat bubuk, 150 gram mentega, 150 gram gula pasir, 2 butir telur, 2 sdt vanili, 50 gram tepung terigu, dan 2 sdt air jeruk lemon.

Cara Membuatnya

Cara Membuatnya

Langkah pertama adalah mencairkan coklat dan mentega dengan cara direbus. Rebuslah coklat dan mentega dalam panci berisi air hingga keduanya meleleh. Setelah itu, angkat panci dari api dan biarkan sebentar sampai coklat dan mentega benar-benar dingin. Kemudian, campurkan gula pasir, telur, vanili, tepung terigu, air jeruk lemon, dan coklat mentega cair yang telah disiapkan tadi. Aduklah hingga tercampur rata. Jangan lupa untuk menghaluskan adonan yang telah tercampur.

Setelah itu, tuangkan adonan brownies kukus chocolatos ke dalam loyang. Loyang harus sudah diolesi mentega dan ditaburi tepung terigu agar adonan tidak lengket. Kemudian, masukkan loyang yang telah berisi adonan ke dalam kukusan. Kukuslah selama 20-30 menit. Setelah itu, angkat loyang dari kukusan dan biarkan brownies kukus chocolatos dingin sebentar. Brownies kukus chocolatos pun siap dihidangkan!

Membuat brownies kukus chocolatos tanpa baking soda tidaklah sulit. Bahkan, Anda bisa melakukannya hanya dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat. Dengan cara ini, Anda bisa menikmati brownies kukus chocolatos yang lembut dan enak tanpa harus menggunakan baking soda. Selamat mencoba!