Cara Membuat Bookmark Di Word

Cara Membuat Bookmark Di Word

Bookmark adalah perintah yang memungkinkan Anda untuk menandai lokasi tertentu di dokumen Microsoft Word Anda. Ini digunakan untuk memudahkan navigasi di dokumen yang panjang atau yang memiliki struktur yang sulit. Selain itu, bookmark dapat digunakan untuk membuat referensi ke lokasi di dokumen dan untuk menyoroti bagian yang penting dari dokumen. Bookmark juga dapat digunakan untuk melompat ke bagian tertentu dari dokumen saat melakukan penyuntingan. Dengan kata lain, bookmark adalah alat yang berguna untuk membantu Anda menavigasi dokumen Anda.

Cara membuat bookmark di Word sangat mudah. Di bawah ini adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk menambahkan bookmark di dokumen Word Anda:

Langkah 1: Buka Dokumen Word Anda

Langkah 1: Buka Dokumen Word Anda

Pertama, buka dokumen Word Anda yang akan Anda tandai. Jika Anda sudah memiliki dokumen yang siap, Anda bisa langsung melanjutkan ke langkah selanjutnya. Jika Anda baru saja memulai dokumen Word baru, Anda harus menambahkan konten yang diinginkan terlebih dahulu.

Langkah 2: Temukan Lokasi yang Akan Ditandai

Langkah 2: Temukan Lokasi yang Akan Ditandai

Setelah Anda membuka dokumen Word Anda, temukan lokasi yang ingin Anda tandai. Ini bisa menjadi judul, paragraf, tabel, atau bagian apa pun dari dokumen Anda. Jika Anda menemukan lokasi yang tepat, pindahkan kursor ke lokasi tersebut.

Langkah 3: Tambahkan Bookmark

Langkah 3: Tambahkan Bookmark

Ketika Anda berada di lokasi yang ingin Anda tandai, klik ikon ‘Bookmark’ pada toolbar. Anda juga bisa menggunakan tombol shortcut Ctrl + F5 untuk menambahkan bookmark. Ketika Anda mengklik ikon atau menekan tombol shortcut, Word akan menampilkan jendela ‘Tambahkan Bookmark’. Di jendela ini, Anda dapat memberi nama bookmark yang ingin Anda tambahkan. Setelah Anda memberi nama bookmark, klik tombol ‘Tambah’ untuk menyimpan bookmark.

Langkah 4: Melihat Daftar Bookmark

Langkah 4: Melihat Daftar Bookmark

Setelah Anda menambahkan bookmark, Anda bisa melihat daftar bookmark yang telah ditambahkan dengan mengklik ikon ‘Bookmark’ pada toolbar. Jendela ‘Bookmark’ akan dibuka dan Anda akan melihat daftar bookmark yang telah ditambahkan. Di jendela ini, Anda bisa menghapus, mengedit, dan menyoroti bookmark yang telah ditambahkan.

Langkah 5: Gunakan Bookmark

Langkah 5: Gunakan Bookmark

Anda bisa menggunakan bookmark yang telah ditambahkan untuk melompat ke lokasi tertentu di dokumen. Untuk melakukan ini, klik kanan pada bookmark dan pilih ‘Irj ke Bookmark’ dari menu yang ditampilkan. Word akan membawa Anda ke lokasi yang telah ditandai. Anda juga bisa menggunakan bookmark untuk membuat referensi ke lokasi di dokumen. Untuk melakukan ini, klik kanan pada bookmark dan pilih ‘Tautkan ke Bookmark’ dari menu.

Bookmark adalah alat yang berguna untuk membantu Anda menavigasi dokumen Word Anda. Cara membuat bookmark di Word sangat mudah dan hanya memerlukan beberapa langkah sederhana. Setelah Anda menambahkan bookmark, Anda bisa menggunakannya untuk melompat ke lokasi tertentu di dokumen, membuat referensi ke lokasi di dokumen, dan menyoroti bagian penting dari dokumen. Itulah cara membuat bookmark di Word.